Umur 40: Saat Otak Anda Mulai ‘Telmi’ dan Menua

Boleh saja kata orang ‘life begins at 40‘, tapi menurut penelitan terbaru, pada umur 40-lah kinerja otak kita mulai menurun. Ini berkaitan dengan selubung mielin (myelin sheath), salah satu bagian yang penting dari sel saraf otak. Di atas umur 40, tubuh kita mulai kehilangan kemampuan untuk terus-menerus memperbaharui selubung itu, sehinga menyebabkan berbagai gejala kognitif yang dikaitkan dengan penuaan.

clipped from www.dailymail.co.uk

According to the latest research, our brain is fastest at 39 and afterwards declines ‘at an accelerating rate.’

The slowdown occurs because of the loss of a fatty sheath which coats the nerve cells, called neurons, during middle age, experts say.

The coating acts as insulation, similar to the plastic covering on an electrical cable, and allows for fast bursts of signals around the body and brain.

When the sheath deteriorates, signals passing along the neurons in the brain slow down. This means reaction times in the body are slower too.

Scientists at the University of California, Los Angeles, say that after 40 the body ‘loses the battle’  to repair the protective sheaths.

The finding was made after researchers tested how quickly men aged from 23 to 80 could tap their index fingers in ten seconds.

The results from the 72 participants showed that both ‘had lifespan trajectories that were virtually indistinguishable’ – and, significantly, peaked at 39.
blog it

11 Tanggapan

  1. oh… gitu yah…
    truz ada tips agar selubung myelin tetap aktif gak?

    apa harus minum susu bayi yang mengoptimalkan perkembangan otak gitu?
    😛

  2. hahaha betooooooollll. alami kok. dan prosesnya kan bertahap, tidak tiba-tiba. saya sih bukan hanya sudah memasuki, tetapi juga makin parah. tapi saya bisa menerimanya.😀

  3. […] Bersuara Berat Punya Lebih Banyak Anak…Bayangan Akan Kematian Membuat Anda Makan Lebih BanyakUmur 40: Saat Otak Anda Mulai ‘Telmi’ dan MenuaDi Masa Tua, Pria Lebih Bahagia Dibanding WanitaSelf-embedding Disorder, Gangguan Psikologis […]

  4. umur saya 25, baru menikah dengan suami umur 42,,, (awalnya dia bohong masalah umur,,,^^) agak pusing,,, kalo boleh tau,,, apa saja yang harus saya lakukan untuk menjaga dia tetap sehat dan mungkin kesulitan2 apa yang akan saya hadapi (emosional pria umur 40+)??? dia sensitif masalah umur,,,

  5. Gak pernah mbayangin gimana rasanya ketia usia 40an, waktu berjalan begitu saja tiba2 anak2 sudah remaja..tapi agak aneh kali, dari segi jasmani okelah ada “kemunduran”, olahraga gak setangguh dulu meski tetap jalan terus, mudah masuk angin, tapi ada yg lain..saya makin aktif belajar apa saja, bahkan jadi rajin ngeBlog, pingin belajar bisnis lewat internet, belajar hal2 baru dan aktis kegiatan sosial..bagi sy every time..enjoy full..Alhamdulillah..

  6. adakah cara untuk cuci otak agar usia diatas 40 tahun tetap cerdas segar biar produktif kayak masih remaja gitu…..karena pada usia 40 ke atas rata-rata eksekutif/pekerja udah matang dan jadi top leader.. pemimpin bahkan jadi presiden…….masak top leadernya telmi semua….lha bagaimana nasib bangsa ini….

  7. usia udah melebihi 40 thn ternyata haus akan ilmu… gimana tuh?? apa yang terjadi???

  8. saya ketemu beberapa orang yang bisa menghafal 30 juz qur’an di usia 60. dari yg cuma hafal 1 juz aja (fyi, 1 juz terdiri dari belasan surat yang terdiri dari puluhan/bahkan ratusan ayat). yg muda2 aja blm tentu bisa..
    so.. masih bisa kok buat ngafal2, asal ada kemauan kynya🙂

  9. Saya 41 thn tp lg seneng2nya belajar…jadi khawatir gak mampu……tapi terus berusahalaah..SO..gimana menahan penurunanya…nih!!!

  10. Bgm mengatasi anak telmi?

  11. belajar melakukan gerakan dengan tangan kiri, kalau anda biasanya melakukannya dengan tangan kanan (mis gosgi, menyisir, membuka/menutup pintu/ kunci , mengetik querty keyboard dll) akan membuat alur baru pada otak anda , dan sangat berguna untuk menahan penuaan otak dan pengurangan daya kerja otak kita yang berumur diatas 40- 50 -bahkan 60 tahun.
    saya berumur diatas 40 tahun dan tetap merasa baik baik saja🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: